Senin, 09 Desember 2013

Cerdas Hadapi Cyber-Bullying: Fitnah di Media Sosial

Cyber-bullying

Ada beberapa aksi bully yang dilakukan dengan menggunakan teknologi sebagai alatnya, seperti; melalui media sosial twitter atau facebook. Umum disebut cyber-bullying.

Cyber-bullying sedikit berbeda dari bullying secara fisik, sosial, maupun verbal. Cyber-bullying bisa terjadi dimanapun dan kapanpun. Bahkan terkadang sukar dilacak karena bisa anonim alias tanpa nama, dapat beredar dengan cepat juga meluas, serta sukar dihapus.

Social bullying, juga dapat terjadi di ranah media sosial, seperti; twitter, facebook, instagram, dll. Umumnya ketika aksi bully yang melibatkan social-talk, gosip, rumor, diperpanjang dengan menggunakan media sosial, masalah bakal lebih runyam. Umum disebut cyber bullying.

Bentuk cyber-bullying yang paling umum adalah berupa fitnah. Umumnya fitnah yang ditebar bersumber dari ketakutan dan kecemasan pelaku bullying yang ditampilkan secara pasif-agresif; menebar fitnah dan rumor tentang orang yang dianggap ‘mengancam’.

Hadapi dengan Cerdas

Mengatasi cyber-bullying seperti ini pun sebetulnya tak terlalu sukar. Terutama bila memiliki kemampuan mengendalikan diri untuk tidak menanggapi fitnah yang beredar. Apalagi memberi klarifikasi pada orang yang bersangkutan. Seandainya dirasa perlu klarifikasi, lakukan japri (jalur pribadi) atau lakukan dengan meluruskan sendiri melalui “pres-con” di akun media sosial-mu tanpa melibatkan dan mention siapapun.

Tujuannya tidak memperpanjang drama yang seharusnya enggak ada dan menutup kemungkinan lebih banyak orang tahu tentang fitnah yang tidak benar itu. Ketika ditanggapi, orang akan semakin tertarik untuk tetap membicarakannya. Apalagi bila tokoh-tokoh yang terlibat saling memberi respon dan komentar.

Maklum, ada banyak orang di luar sana yang senangnya menonton konflik dan membesar-besarkannya agar bisa jadi social-talk dan topik gosip. It bonds people together. Namun pastikan, bukan kamu sasarannya!

Tips: silence is golden dalam situasi seperti ini. Seiring waktu isu tersebut akan hilang sendiri bila kamu dan kakak kelasmu tidak saling menanggapi. Dan pastikan ada sejumlah pertemanan di dekatmu. Ingat, orang ‘takut’ dan ‘enggan’ mengganggu pihak yang diketahui punya banyak teman. Ciayo!

1 komentar:

  1. MGCBET Launches Online Sports Betting in the UK - JT Hub
    MGCBET is launching the new online 아산 출장마사지 sports betting platform at 파주 출장샵 the 속초 출장마사지 Betway Sportsbook 부산광역 출장마사지 on of all of the 군산 출장샵 UK's gambling markets.

    BalasHapus