Jumat, 06 Desember 2013

Tips Memilih Jurusan

Bingung Memilih Jurusan

Tanya: Diumurku yang sudah dewasa ini, aku belum tahu jurusan apa yang akan aku ambil nanti saat kuliah dan nanti akan jadi apa?

Jawab: Duh, enggak cuma kamu loh yang kebingungan dengan pilihan jurusan dan karier. Mereka yang sudah berusia tiga puluhan bahkan empat puluhan saja saja masih kebingungan menentukan pilihan karier dan pekerjaan yang tepat.

Malah banyak yang masih ragu, apakah dulu mereka sudah mengambil kuliah dengan jurusan yang sesuai? Dalam pengertian sesuai arah minat dan bakat.

Sebetulnya enggak ada orang yang lebih paham kamu selain dirimu sendiri. Kamu bisa menemukan arah minat dan bakatmu. Termasuk cita-cita ke depan. Yuk kita telusuri!

Cara memahaminya:

1) Pahami profil riwayat sekolah dan kegiatan hobi yang pernah kamu geluti. Amati, pelajaran dan kegiatan yang jadi favorit-mu sekaligus yang kamu mampu tampil menonjol. Nah. Bisa jadi itulah bakatmu;)

2) Pahami karakter kepribadianmu untuk menemukan bidang jurusan dan pilihan karier yang sesuai. Apakah kamu lebih kuat hafalan, menulis, dan diskusi (verbal), senang dengan gambar dan skema (visual), atau justru senang hitungan angka (matematis)? Perhatikan kamu orang yang senang berhubungan dengan ide-ide (kreatif), benda, angka, atau orang? Senang bekerja dalam setting yang rutin dan teratur atau diberi kebebasan dan dinamis? Nah kamu bisa temukan kecenderungan kepribadian berikut arah minatmu.

3) Untuk memudahkanmu, bisa juga dengan mempelajari berbagai profesi yang digeluti oleh orang-orang di keluarga besarmu. Maklum bakat dan minat kalian bisa saja mirip bahkan sama.

4) Untuk menemukan jurusan yang tepat, kamu perlu memahami informasi tentang jurusan dan pekerjaan terkait. Pahami, bahwa setiap bidang karier membutuhkan kemampuan (bakat) dan karakter kepribadian (serta minat) tertentu. Informasi tentang pekerjaan dapat kamu temukan di di U.S. Department of Labor’s Dictionary of Occupational Titles atau bisa juga di Occupational Outlook Handbook. Keduanya bisa kamu search di google. Meski dari negeri seberang, setidaknya bisa nambah informasi dan wawasan tentang profil pekerjaan. Temukan yang sesuai dengan kemampuan dan arah minatmu.

5) Bila masih ragu, kamu bisa berkunjung ke psikolog terdekat di area tempat tinggalmu untuk pemeriksaan minat dan bakat. Psikolog bisa ditemui di rumah sakit, klinik, maupun biro konsultasi terdekat. Umumnya psikolog bisa membantu menemukenali minat dan bakatmu melalaui sejumlah metode pemeriksaan, seperti; wawancara & observasi semi terstruktur, hingga memberikan sejumlah tes kemampuan, minat, dan kepribadian.

Right Person in the Right Place

Tahukah, rahasia sukses masa depan? Build a career, don't just have a job. Build a career dimungkinkan bila ada right person in the right place. FYI, selalu ada right person, yaitu kamu. Tugasmu menemukan right place agar kelak mampu membangun karier hebat nan mapan! Prosesnya? Dimulai dari sekarang, di bangku sekolah;)

1 komentar:

  1. Terimakasih bunda. Sangat membantu aku :) btw kalo kita pilih jurusan tapi kita gak menguasai bidangnya gimana? boleh ga?

    BalasHapus