Selasa, 08 Oktober 2013

Memaafkan dan Hidup Lebih Baik

Memaafkan tidak berkaitan dengan: melupakan, menyangkal, apalagi menekan perasaan, dengan mengatakan masalah tidak terjadi atau tidak merasa sakit hati dan kemudian menolerir kejadian yang menyakitkan.

4 Tahap Memaafkan

Untuk bisa memaafkan perlu melewati empat tahap berikut ini; 1.Uncovering; individu perlu memahami betapa besar dampak mendendam, marah, dan benci bagi kehidupannya sendiri.

2.Decision: membuat putusan, akan tetap menyimpan emosi negatif atau justru berbenah dan memaafkan.

3.Work: individu berpusat pada “issue atau masalah” secara langsung. Sehingga secara otomatis mengenyampingkan “pelaku”. Kemudian mencoba mengubah perspektif tentang masalah yang terjadi. Berpikir dari berbagai perspektif dan dimensi membangun ‘reframing’ sejumlah skema dan peghayatan yang dimiliki tentang kejadian yang dianggap menyakitkan.

4.Deepening Ketika “reframing” berhasil, masalah akan mampu dilihat dari perspektif yang berbeda secara mendalam. Sehingga tiba-tiba saja emosi yang tadinya negatif berubah menjadi netral karena pemahaman tentang masalah berubah. Saat itulah seseorang akan ready to forgive.

Tanpa kemampuan memaafkan, kemarahan, dendam, dan perasaan sakit hanya akan menjadi bayang kelam yang menghabiskan setiap bagian dari kehidupan individu. Bahkan menciptakan siklus permusuhan dan balas dendam berulang.

Manfaat Positif Memaafkan a). Michael McCullough (2000) mengatakan “memaafkan memungkinkan seseorang untuk bergerak melampaui kebutuhan akan balas dendam sekaligus membenahi ikatan sosial yang rusak.” b). Memaafkan meningkatkan kesejahteraan emosional, kesehatan secara fisik, dan mendukung kehidupan interpersonal menjadi lebih baik. c). Fakta riset dari Lawler dkk. (2003): individu akan merasakan adanya penurunan tekanan darah dan ketegangan otot hanya dengan “membayangkan” memberi maaf pada seseorang.

Berikan maaf Anda sekarang. Bukan sekedar 'to forgive but not to forget.' Melainkan 'to forgive then live a better life.'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar